Friday, September 12, 2014

More Than Just Spongebob

Hello...kemaren gue ngepost dan bilang mau share sesuatu tentang spongebob..siapa sih ya yang gatau spongebob, hampir semua pasti tau spongebob dong yaaa..selain diputer di salah satu stasiun tv swasta, spongebob juga terkenal karena banyak banget aksesoris sampe game bertema spongebob yang dijual. Karakter dan ceritanya yang lucu juga bikin anak-anak sampe orang dewasa suka nonton serialnya.

Kali ini gue mau share tentang spongebob dan keterkaitannya sama HI..ya secara gue anak HI ya jadi apa aja dicurigain :D ini bukan murni dari ide gue sendiri sih, tapi ini adalah hasil ngobrol-ngobrol dan diskusi bareng sama temen-temen gue. Kalo di HI pasti banyak banget teori yang dipelajarin dan setiap aktor dalam HI pasti dipelajarin sikap dan segala sesuatunya. Tapi tenang aja, gue ngga bakal jelasin segitu panjang kok, cuma mau share aja ada apa sih sebenernya di spongebob menurut gue dan temen-temen gue :) just enjoy to read :)


Di serial Spongebob ada tiga karakter yang paling menonjol dan pasti ada ditiap episode, yap! Spongebob (yaiyalah, judulnya aja namanya dia..ehehehehe), Squidward, Mr. Krab. Mereka adalah karakter yang selalu muncul disetiap episode dan masing-masing punya karakter yang cenderung aneh. 

Kita mulai dari Mr. Krab ya..

"uang, uang, uang, uang" itu adalah kata-kata yang sering banget diucapin sama Tuan Krab. Dia adalah karakter kepiting yang suka banget sama uang dan pelitnya ampun-ampunan sampe soal gaji karyawannya aja medit banget. Tuan Krab ini beneran rela banget ngasih apa aja yang dia punya asalkan bukan uang dan hartanya. Dia juga pernah disalah satu episode Spongebob bilang kalo "aku cinta uang dan aku murah". Nah, berdasarkan obrolan gue dan temen-temen gue, sikap Tuan Krab ini mewakili sikapnya para penganut kapitalisme yang mengutamakan uang dan materi dalam kehidupan mereka dimana keuntungan besar adalah hal yang paling penting buat mereka. Pengeluaran seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Ya semacem hukum ekonomi yaa...Nah sikap Tuan Krab yang pelit dan mempekerjakan karyawannya dengan upah kecil tapi jam kerja yang panjang bahkan lembur juga menunjukkan kalo para penganut kapitalis, pemilik modal dan orang berkuasa akan cenderung ngasih upah kecil tapi nuntut tenaga maksimal dari orang-orang yang dia bayar.

Lanjut yang kedua, Spongebob..


Digambarkan sebagai karakter yang paling setia dan cinta banget sama pekerjaannya dan rela kerja lembur demi pengabdiannya sama Tuan Krab meskipun dibayar dengan upah rendah. Sikapnya Spongebob ini nunjukkin salah satu sisi kaum proletar jaman dulu yaitu kaum yang ngga punya modal dan cuma bisa kerja nurutin kaum borjuis yang punya modal biar dapet uang. Spongebob kan emang nurut-nurut aja kalo disuruh sama Tuan Krab dan pernah waktu Squidward mau buang topi Krusty Krab, Spongebob berusaha banget ngelindungin topi itu biar ngga jatoh ke lantai. Pengabdiannya yang bener-bener ke tuannya itu sedikit menggambarkan gimana kaum proletar dulu yang bener-bener diatur sama kaum borjuis.

Nah yang terakhir adalaaaahh Squidward Tentacles...


Kalo ngeliat dia tuh rasanya asem banget deh ya..marah-marah mulu kerjaannya dan ngga pernah mau terlibat sama apapun yang berhubungan sama Spongebob dan Patrick dan males banget kalo kerja padahal cuma jadi kasir :D Nah menurut gue dan temen-temen gue, Squidward ini adalah karakter yang mewakili orang normal dimana dia emang butuh kerjaan tapi ngga mengabdi berlebihan sama tuannya. Dia bisa dibilang punya prinsip buat ngejalanin hidupnya dia dengan cara dia meskipun banyak orang-orang yang menurut dia aneh hidup disekitar dia. Dia juga pernah bilang disalah satu episode, "Seragam adalah bentuk dari penindasan" trus satu lagi "Nasib buruh akan selalu ditekan selama pelanggan mendapatkan apa yang mereka inginkan." Kalimat yang kedua kurang lebihnya gitu, soalnya lupa :D ada kok di episode yang pas dia sama Spongebob demo di depan Krusty Krab..nonton aja yaaaa (siapa juga yang mau nonton Shen...ckckckck)

Okeeee lanjut! Nah itu beberapa hal yang gue dan temen-temen gue omongin. Ada karakter lain sih kayak Plankton yang nunjukkin sikap orang yang terlalu optimis ngelakuin semua hal buat ngedapetin apa yang dia mau tapi pada akhirnya gagal karena cara yang dia ambil selalu salah. Pada intinya sih yaaa kalo anak HI tuh apa aja dicurigain dah :D tapi gue ngga lebay-lebay gitu amat sih, namanya juga pemikiran dan blog pribadi jadi yaaaa share boleh lah yaaaa :D

Buat beberapa orangtua, Spongebob bukan tontonan yang bagus buat anak-anak mereka karena katanya ada beberapa cerita yang ngga pas buat anak-anak. Mungkin karena ada tokoh Patrick yang terlalu males dan ngga mau ngapa-ngapain, Plankton yang jahat dan Tuan Krab yang pelit yang takutnya bikin anak-anak jadi ngikutin sikap itu secara ngga sadar.

Tapi yaaa balik lagi ke diri kita masing-masing yaaa...mana tontonan yang bagus dan ngga kan udah bisa kita bedain sendiri :) jangan dianggap terlalu serius, ini blog dibikin bukan buat serius-seriusan :) headernya aja ditulis kalo buat enjoy jadi gausah dibawa serius :) ambil positifnya aja yaaaa...see yaaaa!!






No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.