Saturday, March 29, 2014

Terasa Lebih Panas dari sebelumnya

Itu judul maksudnya bukan hal yang aneh-aneh loh ya..ini berhubungan sama cuaca yang makin ke sini makin panas dan bener-bener beda sama waktu gue masih SD dulu. Kalo kalian lahir awal taun 90an pasti masih ngerasain cuaca yang lebih baik daripada sekarang. Dulu waktu kelas 2 SD pulang jam 10 pagi masih adem banget dan masih sempet main dulu dan ngga khawatir bakal kepanasan dan matahari baru bener-bener kerasa panas jam 1 siang ke atas. Tapi sekarang jam 7 pagi aja udah panas banget macem jam 11 siang. Kalo dibilang global warming itu ngga ada dan hanya sebuah bentuk konspirasi, menurut gue global warming itu beneran ada dan terasa banget. 

Kalo mau coba berpikir lebih kritis dan logis, kita pasti ngerasa banget semakin panasnya dan semakin ngga terkontrolnya cuaca itu karena ulah manusia sendiri yang salah satunya ya gue dan kalian. Hal-hal kecil yang dianggap bukan penyebab global warming nyatanya masih kita lakuin, contohnya adalah penggunaan AC di rumah yang kadang ngga perlu-perlu banget dipake tapi tetep aja dinyalain, dan untuk beberapa orang yang suka pake parfum refil, bukannya menghina tapi itu juga jadi salah satu penyebabnya. Banyak hal lain sih emang yang bikin global warming dan ngga semua bisa kita selesaikan tapi bukan berarti kita ngga bisa ngelakuin apa-apa kan.

Hari ini pun gue masih mengeluh sendiri dengan panasnya cuaca yang bener-bener gila banget! Matahari terik banget dan udaranya panasnya luar biasa. Iseng pas kemaren pergi ke Tangerang gue merhatiin kalo udah banyak banget mall dan perumahan-perumahan yang dibangun dan makin banyak juga pohon-pohon yang ditebang buat lahan pembangunan itu. Ngga sebanding banget sama jumlah bangunan yang berdiri dan jelas banget kan kenapa panasnya bisa makin menggila dijaman sekarang ini. 

Baru di satu kota aja udah kayak gitu, gimana di kota lain diberbagai wilayah Indonesia yang udah mulai mengenal pembangunan dan mulai kenal sama tindakan tebang-menebang pohon. Manusia emang secara naluri pasti mikirin gimana caranya nyari uang dan keuntungan buat menuhin kebutuhan hidup, tapi apa itu bikin hati nurani jadi mati dan egois luar biasa sampe harus ngerusak alam? Liberalisme dan kapitalisme emang udah nyata banget menyebar dimana mana dan lingkungan bahkan kelangsungan hidup manusia ngga dipikirin buat kedepannya.

Trus apa yang udah gue lakuin buat semua keluhan yang gue punya? sebagai orang yang cenderung perfeksionis dan idealis tapi ngga utopis, gue ngga cuma ngomong doang kok. Gue udah mulai dari rumah dan lingkungan gue. Disaat orang-orang heboh masang AC padahal panas belum seberapa gue mutusin cuma pake kipas angin dan buka jendela biar angin pada masuk, gue mulai ngurangin pake sterofoam dan milih pake peralatan makan yang bisa dipake berulang, dan gue juga mulai memperbanyak tanaman di rumah dan itu bener-bener ngasih dampak yang lumayan banget buat lingkungan rumah gue.

Kadang orang punya pemikirian untuk merubah situasi dan kondisi atau paling tidak memperbaiki, di saat itulah banyak orang juga yang menganggap orang itu terlalu berlebihan dan punya keinginan yang ngga mungkin. Pola pikir orang emang macem-macem tapi kalo pola pikir macem itu tetep dipertahanin sih ya namanya bodoh. Disaat kita tau global warming jadi hal yang serius dan kerusakan lingkungan makin parah, kita malah ngga peduli sama sekali dan jadi manusia yang egois dan individualistis dan jadi bagian yang ikut ngehancurin. 

Ngga peduli berapa banyak uang yang lo punya dan ngga peduli berapa banyak aset harta yang dipunya sama keluarga, semua itu ngga akan pernah bisa beli udara segar dan oksigen yang lo butuhin tiap hari..

Be smart and be wise :) it's just sharing and let's open our mind to keep our world cool :)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.