Sunday, March 23, 2014

Make Our World Green :)

udah sekian lama blog ini gue anggurin akhirnya mulai terpikir lagi buat nge-blog..hahahaha
postingan kali ini nih sebenernya ada hubungannya sama studi HI yang emang gue pelajarin dan emang ya kuliah ambil jurusan HI tuh bikin orang jadi curigaan mulu sama semua hal karena kebanyakan analisis dalam setiap hal :D kali ini sih mau coba share tentang lingkungan yang mulai jadi sorotan lokal bahkan internasional dan mengingat banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi yang bikin bencana di sana-sini dan semua hal yang berkaitan sama kerusakan lingkungan, ada baiknya emang perlu deh kita mulai peduli sama lingkungan.



waktu ngambil mata kuliah Organisasi Internasional disemester 3 dan gue dapet bahasan soal FAO dan bener-bener harus mendalami soal kelaparan di Ethiopia. Bukan hal baru sih ya emang ngebahas soal kelaparan di sana, tapi yang jadi bahan pikiran gue adalah kelaparan itu sebenernya terjadi selain faktor alam juga karena keterlibatan beberapa pihak yang katanya mau ngebantu tapi malah mengejar kepentingan di sana. Kerjasama Pembangunan sama negara maju yang bukan bikin maju tapi malah bikin lebih buruk dari beberapa aspek termasuk lingkungan.

makin ke sini dan makin ngeliat jalanan Jakarta pas magang gue jadi punya pikiran kalo kerja sama pembangunan yang dilakukan Indonesia sama beberapa negara maju secara langsung ngga langsung emang bikin hancur lingkungan di Indonesia. Kalo diperhatiin sih ya, Jakarta jauh dan sangat jauh lebih panas dari jaman dulu gue masih kecil dan bener-bener gersang karena jumlah gedung sama jumlah pohon ngga sesuai banget.

ya mungkin tulisan dan pemikiran gue ini akan dilihat terlalu idealis karena mengharapkan kondisi lingkungan yang baik di jaman sekarang ini tapi bukan berarti ngga bisa dibenahi sih ya. Gue perhatiin sekarang gampang banget bangun apartemen di sana-sini, bangun mall dan bangun gedung-gedung lain yang ngga beraturan dan dimana aja bisa. Bahkan bikin perumahan jenis cluster pun kayaknya asal punya uang dan dapet ijin aja pasti ke bangun dan ngga peduli sama lingkungan sekitar.

Miris banget ngeliat negara-negara berkembang yang salah satunya adalah negara gue sendiri harus pelan-pelan hancur lingkungannya karena kerja sama tadi. Banyak oknum juga yang berperan dan bener-bener cuma uang yang dipikirin. Pembakaran hutan, pemburuan satwa dan tindakan-tindakan lain yang dilakuin semena-mena cuma buat dapet uang dan keuntungan yang besar. 

Just think this words "what we are doing to the forest of the world is but a mirror reflection of what we are doing to ourselves and to one another"  by Mahatma Gandhi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.